Select Page

JENIS-JENIS KAMERA DAN FUNGSINYA

Saat ini kamera bisa menjadi kebutuhan penting dan digunakan oleh semua orang dan kalangan. Mulai dari orang awam yang hanya menggunakannya sebagai alat untuk mengabadikan moment-moment penting dalam hidupnya dan seorang profesional yang menggunakan kamera sebagai alat untuk membuat film, iklan, mendokumentasikan acara yang penting, dan masih banyak lagi. Karena kebutuhan akan kamera yang sangat banyak dan beragam, maka jenis kamera pun dibuat sesuai kebutuhan pengguna. Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali jenis-jenis kamera yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Karena banyak sekali jenis kamera yang beredar, sekarang akan kami bahas secara singkat apa saja sih jenis-jenis kamera dan apa saja fungsinya. Okeh, mari kita simak.

  1. KAMERA DSLR

DSLR merupakan singkatan dari Digital Single Lens Reflex Camera. Kamera ini merupakan salah satu jenis yang popular dipasaran, karena itu kita sering menemuinya dipakai oleh orang awam maupun profesional disekitar kita. Karena cara penggunaan kamera ini tergolong simple dan bisa dipelajari oleh semua orang. Walaupun bisa dikatakan simple, kualitas kamera ini tergolong sangat bagus saat dipakai untuk memotret maupun untuk merekam video karena dilengkapi dengan lensa kit 18-55 mm yang bisa dilepas dan memungkinkan pengguna untuk mengganti lensanya sesuai dengan kebutuhan.

  1. KAMERA MIRRORLESS

Sesuai dengan namanya, mirrorless berarti kamera ini tidak memiliki jendela bidik optic. Sebagai gantinya, kamera ini menyediakan layer LCD sebagai alat untuk membidik objek. Sehingga kamera jenis ini memiliki sensor contrast detect auto focus yang bisa membidik titik dan menjadikan bidikan lebih fokus serta bisa menyesuaikan kontrasnya. Walaupun system tersebut sedikit lambat dibandingkan kamera umumnya, namun tetap memiliki tingkat ketajaman yang baik. Serta memiliki ukuran yang lebih ringkas sebagai kelebihannya. Lensa kamera ini juga bisa diganti sesuai kebutuhan namun pilihan lensanya lebih sedikit. Akan tetapi beberapa merk kamera menghadirkan adaptor yang bisa memasang lensa DSLR ke kamera mirrorless.

  1. ACTION CAMERA

Action camera merupakan kamera yang digunakan khusus untuk pengambilan gambar atau video diluar ruangan. Kamera ini memiliki ukaran yang sangat kecil sehingga memungkinkan untuk dibawa kemanapun. Biasanya kamera ini digunakan untuk merekam saat melakukan olahraga ekstrim dan juga memiliki casing khusus sehingga bisa digunakan didalam air. Walaupun memiliki ukuran yang sangat kecil, kualitas kamera ini bisa dibilang sangat tajam dan memumpuni untuk merekam aktivitas diluar ruangan.

  1. DIGITAL CINEMA CAMERA

Jenis kamera ini bukanlah kamera biasa. Karena difungsikan khusus untuk pembuatan film dan digunakan oleh profesional. Mulai dari pembuatan film, iklan, penyiaran, semuanya direkam menggunakan kamera ini. Karena dikhususkan untuk profesional, maka gambar yang dihasilkan oleh kamera ini memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Bisa menghasilkan resolusi 4K hingga 8K dan memiliki berbagai macam aksesoris seperti mikrofon, pencahayaan, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali jenis-jenis kamera yang beredar bukan, karena itu kita bisa menggunakan kamera sesuai dengan kebutuhan. Tetapi ada beberapa kamera yang hanya dikhususkan untuk profesional saja, seperti digital cinema camera tadi yang khusus digunakan untuk pembuatan film maupun video iklan. Oleh karena itu, sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan jasa dalam pembuatan iklan video agar siapapun bisa mengunakan jasa mereka walaupun tidak memiliki kamera yang tergolong canggih.

Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan video iklan adalah TIRTA MEDIA PRODUCTION. Tidak hanya membuat video iklan, TIRTA MEDIA PRODUCTION juga menerima jasa pembuatan video dokumen, video safety, dan masih banyak lagi. Jika anda melihat informasi lebih lengkap tentang TIRTA MEDIA PRODUCTION, anda bisa mengunjungi dan melihat portofolionya pada alamat lengkap dibawah ini.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : [email protected]

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut         : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

× Hubungi kami